Rabu, 08 November 2017

Pengertian Komputer Dan Fungsinya Secara Lengkap

Tags

Pengertian Komputer Dan Fungsinya Secara Lengkap
Pengertian Komputer Dan Fungsinya Secara Lengkap

Pengertian Komputer Secara Lengkap
tkj-wifi.blogspot.com Pengertian komputer secara umum adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan dimana komputer itu sendiri merupakan perangkat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang saling bekerja sama membentuk sebuah sistem kerja yang dapat menjalankan pekerjaan secara otomatis berdasarkan urutan istruksi ataupun program yang diberikan kepadanya sehingga dapat menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. definisi tentang pengertian komputer telah mengalami beberapa kali perubahan mengikuti perkembangan komputer itu sendiri, kata komputer berasal dari kata bahasa Yunani “Computare” yang berarti memperhitungkan atua menggabungkan bersama-sama. kata “com” berati menggabungkan dalam pikiran atau secara mental, sedangkan kata “putare” berarti memikirkan perhitungan atau penggabungan. dalam bahasa inggris ” To Compute” yang artinya menghitung. 

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian komputer menurut para ahli :


Hamacher
Menurut Hamacher, komputer merupakan sebuah mesin penghitung elektronik yang cepat serta dapat menerima informasi input digital, yang kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang telah tersimpan di memori dan menghasilkan output berupa sebuah informasi.

Blissmer
Komputer merupakan alat elektronik yang dapat melakukan beberapa tugas, antara lain : menerima input, memproses input yang dimasukkan tadi sesuai dengan programnya, menyimpan berbagai perintah-perintah dan hasil dari pengolahan dan juga menyediakan output dalam sebuah informasi

Fuori
Komputer adalah suatu alat pemroses data yang mampu untuk dapat melakukan sebuah perhitungan skala besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika serta berbagai operasi logika tanpa campur tangan dari manusia itu sendiri.

Elias M. Awad
Komputer adalah sebuah alat hitung yang dapat memproses sebuah data yang disajikan dalam bentuk data digital serta data kontinyu atau analog.

Larry Long dan Nancy Long
Komputer merupakan alat hitung elektronik yang dapat menginterpretasikan serta melaksanakan berbagai macam perintah-perintah terprogram untuk input, output, perhitungan, serta beberapa operasi-operasi logik

Donald H. Sanders
Komputer adalah suatu sistem elektronik untuk memanipulasi sebuah data yang cepat serta tepat dan sudah dirancang dan diorganisasikan supaya dapat bekerja secara otomatis untuk menerima serta menyimpan data input tersebut, memprosesnya dan menghasilkan sebuah output, bekerjanya dikendalikan oleh suatu program yang sudah tersimpan di dalam memori penyimpanan dan program tersebut dapat dikenal dengan nama sistem operasi.

Williams, Sawyer
Komputer adalah suatu mesin yang multiguna yang dapat di program, yang menerima data dan memproses atau memanipulasinya ke dalam suatu informasi yang dapat kita gunakan.

Gordon B. Davis
Komputer merupakan tipe alat khusus menghitung yang memiliki sifat tertentu yang sudah pasti. Defnisi komputer tersebut menurut buku Introduction To Computers.


Baca Juga :

  • Pengertian Wifi
  • Pengertian, Materi Lengkap Tkj Dan Peluang Jurusan TKJ
  • Pengertian Internet, sejarah, manfaat dan fungsinya

Fungsi komputer

Komputer masa kini memiliki fungsi yang beragam dan semakin kompleks. Setiap orang yang ditanyai fungsi komputer tentu memiliki jawaban yang berbeda. Ada yang menggunakan komputer sebagai media untuk berkomunikasi, ada yang memakainya untuk memudahkan pekerjaannya, ada yang memakainya untuk belajar, untuk kegiatan bisnis, dan juga sebagai sarana hiburan contohnya untuk bermain game. Namun sebenarnya komputer memiliki 4 fungsi utama, yaitu :

1. Input

Fungsi pertama adalah input, yaitu menerima data atau informasi dari sumber luar. Contoh paling mudah dari fungsi ini adalah informasi dari ketikan keyboard atau klik mouse. Komputer juga bisa mendapatkan informasi dari peralatan lain atau komputer lain.

2. Processing

Fungsi utama dari komputer adalah melakukan pemrosesan. Yang diproses adalah berbagai macam data dan informasi yang diberikan oleh perangkat input. Kemudian data yang tersimpan dalam memori internal akan diproses untuk menghasilkan informasi baru yang nantinya akan dikirim ke perangkat output.

3. Output

Setelah diproses, informasi yang dihasilkan akan menjalankan fungsi output. Hasilnya akan tersedia untuk digunakan oleh pengguna atau perangkat lainnya. Contoh dari perangkat output adalah monitor komputer, printer dan speaker. Perangkat tersebut yang menyajikan output dari komputer untuk dimanfaatkan oleh pengguna atau perangkat lain.

4. Storage

Fungsi komputer yang terakhir adalah sebagai tempat untuk menyimpan informasi. Penyimpanan yang dilakukan berbeda-beda tergantung bagaimana informasinya akan digunakan. Ada yang disimpan dalam memori utama komputer, ada juga yang disimpan dalam memori tambahan. Informasi yang disimpan juga bisa dibedakan menjadi data pengguna dan data intruksi. Data intruksi inilah yang biasanya dikenal dengan sebutan program atau software komputer.

Demikian artikel saya tentang pengertian komputer secara umum  semoga bisa membantu bagi anda, bila ada salah kata atau kurang jelas silakan tulis komentar anda dibawah

DAFTRA PUSTAKA

http://www.tuntor.com/pengertian-komputer-dan-fungsi-komputer-lengkap/
http://gopengertian.blogspot.co.id/2015/09/pengertian-komputer-dan-8-pengertian-komputer-menurut-para-ahli-lengkap.html
http://www.nesabamedia.com/pengertian-dan-fungsi-komputer/

This Is The Oldest Page

3 komentar


EmoticonEmoticon